SISTEM PENDIDIKAN

PENDIDIKAN NON-FORMAL ADALAH PROGRAM PEMBELAJARAN YANG TERSELENGGARA SECARA TERANCANG*) 

UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN, KETERAMPILAN, DAN SIKAP PADA DIRI PESERTA DIDIK PENDIDIKAN IN-FORMAL ADALAH PERISTIWA BELAJAR YANG TERSELENGGARA SEDEMIKIAN SAJA SECARA TIDAK TERANCANG*) 

YANG MENGHASILKAN PERUBAHAN PENGETAHUAN, KETERAMPILAN, DAN SIKAP PADA DIRI PESERTA DIDIK *)

terancang = hadir/ada lengkap delapan standar 

 8 CIRI PNF 

1. Tujuan: Jangka pendek, yang berupa kemampuan fungsional untuk kepentingan saat ini maupun masa depan. Menekankan kepada kompetensi, dan tidak menekankan pentingnya ijazah. 

2.Waktu: Relatif singkat, mulai yang beberapa hari sampai beberapa minggu, dan pada umumnya kurang dari satu tahun. 

3.Persyaratan peserta didik: Persyaratan untuk mengikuti program pendidikan adalah kebutuhan, minat, dan kesempatan. 

4.Isi Program/Kurikulum: Kurikulum berpusat pada pada kepentingan dan kebutuhan peserta didik. 

5. Program Pembelajaran: Struktur program pembelajaran bersifat luwes. Jenis dan uruan program kegiatan bervariasi. 

6. Proses Pembelajaran: Proses pembelajaran berpusat pada peserta didik, dipusatkan di lingkungan masyarakat dan lembaga, serta berkaitan dengan kehidupan peserta didik dan masyarakat. 

7. Hasil Belajar: diterapkan langsung dalam kehidupan dan lingkungan pekerjaan atau di masyarakat. 

8. Pengawasan: Pengawasan dilakukan oleh pelaksana program dan peserta didik, dan pembinaan rogram dilakukan secara demokratik. 


 • Pelengkap PF → PNF menyajikan kegiatan belajar yang tidak disampaikan di sekolah 

• Penambah PF → tambahan pengalaman belajar bagi peserta didik 

• Pengganti PF → memberi layanan pendidikan bagi kelompok masyarakat kurang beruntung 

• PILIHAN → sebagai akses terpilih sebagai layanan belajar bagi kelompok masyarakat


AZAS PNF 

    • KEBUTUHAN 

        1. Kebutuhan manusia 

        2. Kebutuhan pendidikan 

        3. Kebutuhan belajar 

    • PENDIDIKAN SEPANJANG HAYAT 

        1. PNF memberi layanan belajar kepada semua orang 

        2. PNF melibatkan WB dalam merencanakan, melaksankaan, dan penilaian pembelajaran 

        3. PNF berupaya menumbuhkan suasana demokratis, dan meningkatkan taraf hidup masyarakat 

    • RELEVANSI DENGAN PEMBANGUNAN MASYARAKAT 

        1. Kehadiran PNF karena kebutuhan masy dan tuntutan pembang 

        2. Program PNF untuk menggarap SDM yg relevan dng pembang 

    • WAWASAN MASA DEPAN : membelajarkan WB untuk mengembangkan nilai-nilai, sikap, pengetahuan, keterampilan, dan aspirasi dalam memenuhi kebutuhan Individu, masyarakat, lembaga, dan pembangunan bangsa menuju masa depan

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)